Senin, 24 April 2017

Pemilihan Duta Mahasiswa Genre Jawa Timur 2017



Surabaya, 24 Juli 2016 
Serangkaian tes seleksi duta mahasiswa genre tingkat kabupaten telah ku jalani dan menjadi perwakilan daerah kabupaten madiun untuk maju ke tingkat provinsi merupakan salah satu kebanggan bagiku. Rangkaian tes seleksi di tingkat provinsi tidak jauh berbeda seperti di kabupaten. Sebelumnya kita harus mengirim beberapa data berkaitan dengan biodata diri dan membuat cuplikan video berupa profil diri dan daerah asal. Dan ini videoku https://www.youtube.com/watch?v=BzL9F3FkVVM&t=105s pada waktu itu . Nah, jika video dan berkas sudah dikirim melalui online barulah beberapa minggu kemudian kita menjalani masa karantina 3 hari di provinsi jawa timur. Dan inilah yang sangat menegangkan , hari pertama datang ke kantor BKKBN Jawa Timur dan disambut  dengan puluhan mahasiswa/mahasiswi dari luar daerah yang pastinya memiliki pengetahuan dan bakat yang hebat awalnya menciutkan nyaliku. Namun, dalam hati selalu berkata " Okay Imsa, stop doubting yourself. You can do it !!", langkah demi langkah mengantarkanku pada ruang pertemuan dimana pada saat itu dilakukan briefing sebelum acara dimulai .  Nah , setelah briefing memasuki tes pertama yaitu tes tulis 
Dan ini adalah tes tulis pada waktu itu , setiap meja diisi oleh 6 orang dan setiap meja dijaga oleh panitia. Pada saat itu aku belum terlalu kenal kanan kiriku , terlihat jelas pada waktu itu persaingan pertama dimulai . Terlihat beberapa anak mengerjakan sendiri dan tertutup namun ada juga yang cuek dengan lembar jawabannya , ada yang dibiarkan terbuka begitu saja . Dan aku adalah salah satu yang menutup lembar jawabanku , bukan karena aku merasa bisa namun aku merasa mereka didepanku lebih bisa daripada aku maka dari itu aku malu memperlihatkan jawabanku di depan mereka wkwkwk

Nah, setelah tes tulis kita sedikit bersantai-santai , menyanyi lagu mars KB, dan beberapa lagu berkaitan dengan Genre. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi materi genre dari kepala BKKBN Jawa Timur. Setelah itu kita berpindah tempat menuju asrama dan bersih diri . Setelah itu malam kita berkumpul dan mendengarkan peresentasi berkaitan dengan kepribadian.

Ini adalah malam pertama , setelah mendengarkan presentasi dari narasumber berkaitan dengan kepribadian. Masih ingat betul narasumber pada malam itu adalah Embran Nawawi , salah satu desainer terkenal dan pembicara hebat . Kebersamaan kita mulai terlihat pada malam itu , kita mulai mengenal satu sama lain hingga pada malam itu kita berfoto dan tertawa bersama-sama 
 Dan memasuki hari kedua , kita bangun pagi sekitar jam 4 dan melakukan sholat subuh serta bersih diri. Setelah itu kita olahraga pagi  bersama, senam di halaman dan lari-lari kurang lebih 3km .
Foto kegiatan saat senam pagi. Saat itu panitia hanya mengarahkan apa yang harus kita lakukan , senam dipimpin bergilir oleh semua finalis. 
 Nah, setelah senam dan lari kita bermain beberapa outbond . Setelah melakukan outbond kita bersih diri dan bersiap untuk beauty class bersama wardah .Semua finalis dikelompokkan menjadi 2 . kelompok pertama tes wawancara dan kelompok kedua beauty classs. Dan alhamdulillah aku menjadi kelompok ke 2. Dan setelah itu kita sharing dengan alumni duta mahasiswa tahun lalu.
laki-laki maupun perempuan diletakkan dalam satu ruangan , namun berbeda materi yang diberikan . setelah melakukan beautyclass kita sharing dan berfoto dengan duta mahasiswa genre tahun lalu
 Setelah beautyclass, kita melakukan tes wawancara dimana ada 3 pewawancara . Yang pertama tes wawancara tentang materi genre , kemudian kepribadian dan pengetahuan. Jujur pada saat itu aku sangat nervous , betapa tidak ? dalam ruangan yang cukup besar aku masuk sendiri kemudian dihadapkan oleh 3 pewawancara . Namun alhamdulillah semua tidak sesulit yang aku bayangkan .
Setelah tahap wawancara selesai kita semua memasuki tes presentasi , dimana kita masing-masing harus menyiapkan satu ppt dan mempresentasikannya di depan 3juri beserta alumni-alumni duta mahasiswa genre jawa timur . Presentasi selesai, kita kembali ke kamar dan melakukan bersih diri . Setelah magrib kita melakukan latihan untuk acara puncak . Malam itu kita sangat sibuk, mempersiapkan mars Genre, kemudian menari bersama , hingga latihan catwalk . Kita latihan hingga larut malam . Setelah itu paginya kami bergegas ke CITO(City Of Tomorrow) , barang-barang sekoper kita bawa ke mall. Ya namanya juga perempuan , berbeda dengan laki-laki yang hanya membawa beberapa barang alias so simple . Turun dari bus sontak kami menjadi sorotan para pengunjung mall , dikira anak panti kali ya ? semua pakai baju sama , membawa koper besar dan masuk ke dalam mall .
Setelah masuk kita melakukan gladi bersih dan setelah itu kita melakukan persiapan . Mulai dari dandan, menyiapkan kostum batik dll,
ini adalah salah satu foto pada saat pembukaan acara Pemilihan duuta mahasiswa genre jawa timur 2017

dan ini adalah salah satu penampilan kami yaitu dance genre

Foto setelah kita melakukan pamer busana batik dari daerah masing-masing
Foto hari pertama saat karantina , ya narsis dikit dan diupload di sosial media untuk meminta dukungan baik lewat LIKE instagram maupun melalui SMS


Foto setelah gladi bersih , sebelum acara dimulai . Laki-laki di samping ku ini adalah partner dari kabupaten madiun , kuliah di kampus yang sama , prodi yang sama namun kelas berbeda hehe.... namanya Azin Masfian Nahar. 
 Dan setelah melewati beberapa tahap tes , kemudian puncak pemillihan , alhamdulillah mendapatkan satu penghargaan sebagai best costume 2016. Begitu bangga aku mendapatkan penghargaan ini , betapa tidak ? batik asli kabupaten madiun mampu ku kenalkan kepada masyarakat seluruh jawa timur .


Aku tak menyangka bahwa aku mendapat penghargaan ini, begitu banyak finalis lain yang mengenakan batik lebih bagus daripada aku entah kenapa aku yang terpilih , mungkin karena filosofi batik yang ku tulis atau lain-lainnya.



Alhamdulillah segala sesuatu jika kita berjalan sesuai dengan niat dan menjalani semua dengan ikhlas maka keberhasilan akan mengikuti . Satu hal yang selalu aku tanamkan dalam diriku , hasil tak akan pernah mengkhianati proses :) (ims)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar